Persiapan Pameran Produk

Hal-hal apa saja yang harus ada di stand pameran :

Banyak dari UKM yang sedikit kebingungan mengenai hal-hal atau benda apa saja yang harus dipersiapkan pada saat mengikuti pameran agar dapat tampil maksimal. Tampil maksimal dengan maksud agar dapat menarik perhatian calon konsumen bahkan media (tentunya inging dong diliput atau difoto oleh para pemburu berita :) ) .

Berikut kami coba rangkum sedikit dari hasil pengamatan pada suatu event UKM di Bandung, poin-poin umum yang harus ada didalam booth/stand pameran :

1. Banner / X-Banner (Banner berdiri)
Disimpan di bagian depan, luar, teras booth. Harus simple dan eye catching. Pada banner depan sebaiknya jangan terlalu banyak text atau gambar dulu. Yang penting menarik dan menginfokan secara umum apa produk Anda.

2. Icon, Dummy, Pajangan, Bahan dasar produk. Pada gambar diatas, sesuai dengan brandnya "serba susu lembang" maka icon yang dipajang adalah patung sapi ukuran miniatur. Ini penting dan terbukti dapat menarik perhatian pengunjung.
Boleh anda berkreasi apa saja asal yang mewakili produk itu sendiri. Misalkan produk Anda kopi, bisa dikreasikan dengan sekarung biji kopi yang ditata semenarik mungkin dengan ornamen lainnya.

3. Pajangan produk

Biasanya disesuaikan dengan jenis dan bentuk kemasan daripada produk itu sendiri. 

4. Backdrop

Banner besar atau spanduk yang melatari bagian dinding booth / stand. Pengaruhnya sangat signifikan dari segi penampilan. 

5. Tempat ATK, Cash dan Kantong Belanja

Hal kecil dan sepele tapi sangat diperlukan. Bisa berupa tas, kotak atau apa saja asal memuat ATK, Bon, atau mungkin juga dapat disatukan dengan tempat uang kembalian. Ini cukup penting agar tidak membuat berantakan area booth. 

6. Tempat / wadah tester ( utk produk kuliner )

Hampir semua pendatang / calon pembeli kerap kali menanyakan tester yang dapat mereka cicipi sebelum memutuskan untuk membeli produk Anda. 

7. Alat peraga / Miniatur 

Jika produk yang Anda tawarkan adalah berupa benda atau sebuah alat dan lain sebagainya, sebaiknya ada juga miniatur atau alat peraga yang dapat menjelaskan secara gamblang mengenai cara kerjanya. 

Yang terakhir, 

8. Brosur dan kartu nama

Jangan sepelekan brosur dan kartu nama. Walaupun sekarang zaman sudah serba digital, tidak bisa dipungkiri bagi sebagian type konsumen, mereka memutuskan membeli setelah melihat brosur, atau mengingat kita dari kartu nama. 

Selain itu kita tidak akan pernah tahu kemana dan sampai ditangan siapa brosur/kartu nama tersebut. 

Sekian yang dapat saya sharingkan. Semoga bermanfaat. 


Salam sukses selalu.