Tempat Jual Online Gratisan yang Populer Di Indonesia

Berikut ini beberapa marketplace gratisan terpopuler di Indonesia :

1. Kaskus

Kaskus sebenarnya adalah sebuah forum online. Tapi website ini kemudian berkembang menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Pengguna bisa membuat artikel di dalam platform Kaskus dan juga melakukan jual beli barang di sana.
Kaskus saat ini memiliki 40 juta orang pengguna dan 600 juta pageview setiap harinya.

2. TokoBagus (sekarang OLX.co.id )

Jika Anda mencari website yang berfokus hanya pada iklan baris, maka TokoBagus akan menjadi nama pertama yang muncul di benak banyak orang. Remco Lupker dan Sebastian Arnold Egg mendirikan website ini di tahun 2003 lalu. Selama itu, mereka mendapatkan banyak investasi dari MIH dan sangat agresif memasang iklan TokoBagus di berbagai media di Indonesia. Hasilnya, data website dibulan juli 2013 terdapat lebih dari 1 Milyar pageview !

3. Berniaga

Termasuk salah satu marketplace yang cukup agresif dalam hal pemasaran di Indonesia. Lebih kurangnya mirip dengan Olx

4. Tokopedia

Merupakan website jaringan toko online yang cukup besar di Indonesia. Mirip olx dan berniaga, hanya bedanya dicara transaksi. Tokopedia menyediakan sistem pembayaran dengan rekening bersama. E-commerce ini cocok untuk produk dengan segmen konsumen yang masih takut, ragu untuk berbelanja online.

5. Bukalapak

Salah satu E-commerce yang patut diperhitungkan. Selain memiliki jaringan dan traffic yang tinggi, juga menyediakan rekening bersama mirip dengan tokopedia.

Semua marketplace diatas bersifat FREE tetapi beberapa diantara menyediakan sistem pembelian poin yang berfungsi untuk memaksimalkan engagement, visual, dsb. Silakan dicoba.
Salam sukses.


*) dikutip dari berbagai sumber dan pengalaman.