Beberapa Alternatif Sumber Modal UMKM


Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa menjalankan usaha dari zaman dahulu sampai saat ini selalu terkait dengan yang namanya Modal Usaha baik itu dalam bentuk Modal Kerja atau Modal Investasi. 
Benang merah pada setiap pelaku usaha teradap modal yaitu bagaimana cara memperoleh modal yang cukup dan dapat diakses dengan mudah sesuai dengan kapasitas usaha / pelaku usaha itu sendiri.

Secara singkat ada beberapa alternatif mendapatkan permodalan usaha khususnya untuk UMKM atau pun Startup UKM :

1. Modal Sendiri
yaitu bisa berupa tabungan atau simpanan pribadi

2. Pinjaman dari Keluarga
biasanya lebih ringan dan tidak terlalu membebani untuk diawal.

3. Investor
perhitungan harus cermat dan presentasi yang dapat meyakinkan calon investor agar mau menanamkan dananya pada usaha kita

4. Kredit Komersial Bank 
umumnya perbankan menerapkan sistem dengan penjaminan pinjaman seperti BPKB atau Sertifikat Tanah dan atau Rumah. Tetapi bagi usaha yang baru berjalan, akan sangat sulit mendapatkan kredit tersebut karena lama usaha minimal harus diatas 2 tahun.

5. Kredit Tanpa Agunan
jenis kredit ini tidak memerlukan jamian hanya lama usaha minimal 2 tahun lama nya dan memiliki track record yang baik terlihat dalam pembukuan atau rekening.

6. Kartu Kredit
alternatif ini paling banyak digunakan oleh pelaku usaha, karena selain tanpa jaminan, juga lebih mudah mendapatkannya. Beberapa bank menerapkan sistem kartu kredit dengan tanpa bunga, termasuk juga dengan sistem syariah seperti...